Di zaman yang semakin berkembang seperti sekarang ini, tentu kita akan semakin selektif lagi dalam memilih layanan hosting yang akan kita gunakan untuk pengembangan website kita kedepannya. Karena kesalahan awal dalam memilih hosting, akan berakibat fatal nantinya untuk website bisnis kita. Untuk itu, perlu adanya kecermatan dalam memilih layanan hosting yang tepat agar proses pengembangan bisnis dapat berjalan dengan lancar tanpa mengalami banyak hambatan. Banyak pilihan layanan hosting yang ditawarkan oleh banyaknya provider hosting dengan spesifikasi yang beragam dan mumpuni seperti layanan shared hosting, VPS, dan Cloud Hosting atau cloud server CBTP.

Pengertian Cloud Hosting
Dari informasi yang pernah mimin bahas di artikel sebelumnya kalau layanan Cloud hosting indonesia merupakan salah satu teknologi terbaru dari layanan web hosting tradisional, dimana pada layanan Cloud hosting ini memungkinkan para pengguna untuk dapat menyimpan berbagai data-data penting website di dalam sebuah media awan atau yang biasa kita kenal dengan sebutan Cloud.

Mudahnya seperti ini, ketika kamu menggunakan layanan cloud hosting, semua data-data website kamu akan langsung tersimpan secara otomatis di dalam server virtual. Kamu tidak akan menggunakan media penyimpanan manual lagi seperti Harddisk ataupun flashdisk untuk menyimpan data-data website kamu.

Teknologi yang digunakan oleh layanan Cloud Hosting yaitu berupa kumpulan berbagai server yang berfungsi untuk memaksimalkan waktu online dari server (uptime) dan dapat menjaga situs website kamu agar tetap stabil ketika diakses. Biasanya cloud hosting menggunakan single server, tetapi meskipun begitu situs website kamu masih dapat mengakses beberapa area (cluster). Selain itu, dengan adanya cloud hosting kamu bisa menggunakan sumber daya yang terpusat.

Arsitektur Cloud Hosting
Cloud hosting yang kita ketahui sebagai teknologi berbasis awan ini memiliki berbagai arsitektur yang menggunakan dua pendekatan yaitu pendekatan terpusat dan pendekatan distribusi. Lalu apa beda dari kedua arsitektur cloud hosting ini?

Jenis Website Yang Menggunakan Cloud Hosting
Sebenarnya antara kedua teknologi yaitu cloud hosting dengan shared hosting sama-sama memiliki kegunaannya masing-masing. Namun dalam banyak kasus, orang-orang lebih banyak menggunakan layanan cloud hosting dibandingkan layanan shared hosting. Kenapa?

Alasannya cukup mudah, seseorang memilih layanan hosting tentu akan mempertimbangkan layanan tersebut sebelum digunakan bukan? Apakah tepat untuk jenis bisnis yang akan dibangun nantinya. Jika situs website yang akan kamu buat nantinya membawa pengaruh besar dan penting, maka kamu membutuhkan layanan hosting yang bisa memenuhi kebutuhan situs web kamu tersebut. Contoh website yang biasanya menggunakan layanan cloud hosting seperti website toko online, website ecommerce, website perusahaan, website portal berita, website jobfair dan website lainnya yang memiliki trafik tinggi.

Add Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *